Contoh Naskah Drama Sekolah

Drama adalah suatu kegiatan yang di dalamnya mengandung unsur percakapan yang menceritakan tentang sesuatu hal. Drama ini biasanya dipertontonkan di depan umum untuk dijadikan sebuah pertunjukan atau pementasan. Dalam sebuah drama, biasanya akan ada nilai atau pesan yang disampaikan melalui percakapan-percakapan yang terjadi selama drama berlangsung. Contoh naskah drama sekolah dapat dibuat dengan mudah misalnya waktu classmeeting, kelulusan, dll. Drama di lingkup sekolah dapat dilakukan oleh siswa, dengan tema yang meliputi kehidupan sehari-hari di sekolah.

Contoh naskah drama sekolah berikut akan menceritakan tentang sekelompok siswa SMA yang baru saja menerima pengumuman kelulusan dan berencana untuk melakukan konvoi di jalan-jalan. Namun dari beberapa orang di kelompok tersebut tidak menyetujui dan lebih mengusulkan untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat dan tidak membuat rusuh. Akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan pentas seni bersama teman lainnya di sekolah.

Skenario Drama

1. Tema Drama : Nilai Persahabatan
2. Ritme cerita

I. Exposisi

        Nadine
        Avin
        Anabel
        Raka
        Vino
        Zendi
        Aiska
        Inka
        Bryan
        Rusel

II. Permasalahan
Bryan, Zendi, dan Aiska mengusulkan untuk melakukan konvoi seusai pengumuman kelulusan, namun teman yang lain tidak menyetujuinya.

III. Komplikasi
Rusel dan yang lain mengusulkan untuk diadakan pentas seni untuk kegiatan perpisahan akhir.

IV. Catatan I
Mereka sempat bertengkar karena saling berbeda pendapat.

V. Kesimpulan
Mereka semua akhirnya setuju untuk tidak melakukan konvoi dan memilih mengadakan pentas seni

3. Karakter Pemain
Antagonis : Bryan, Zendi, Aiska
Protagonis : Rusel
Tritagonis : Nadine, Avin, Anabel, Raka, Inka, Vino

4. Latar
Tempat : Gazebo halaman sekolah
Waktu : siang hari, beberapa hari sebelum pengumuman kelulusan

Naskah Drama

Nadine : Aduh, panas sekali ya siang ini. Aku rasanya ingin masuk ke kulkas saja.. (sambil kipas-kipas dengan bukunya)

Raka : Iya nih Din, panas banget. Sepertinya minum es kelapa muda enak nih ya.

Anabel : ide bagus, tapi kamu yang bayarin ya Ka.. haha..

Raka : mana uangnya Bel? Nanti aku bayarin semua deh.. (sambil meminta uang ke Anabel)

Anabel : itu tinggal ambil aja di dompetmu. Kan banyak uangmu Ka.. wekk

Avin : ah sudah kalian ini, kata anak kecil saja. Kita pindah duduk di gazebo saja yuk

Vino : boleh juga tuh, kan gazebo deket sama kantin, jadi bisa sambil jajan.

Inka : ayo lah, dari pada bingung di sini..

( Avin, Vino, Inka, Zendi, Rusel sudah beranjak dari tempat duduk mereka dan bergegas pergi ke gazebo)

Anabel : Hey, tunggu aku sebentar, aku belum pakai sepatuku.

Zendy : siapa suruh kamu lepas itu sepatu, sudah tahu baunya tidak enak begitu

Anabel : eh, enak saja. Punyamu itu yang bau, setahun tidak pernah dicuci.

Bryan : Ais, ada ide ga buat acara kelulusan nanti? Ngapain gitu biar asik..

Aiska : emm, ngapain ya, emang kapan sih pengumuman kelulusan?

Bryan : 2 minggu lagi Ais… pelupa banget sih.. (sambil menjitak kepala Ais pelan)

Aiska : hehe,, maklum…

Vino : faktor usia nih yee.. haha..

Rusel : kita buat acara yang sederhana aja..


Zendy : ah, jangan yang biasa-biasa aja dong, ga seru. Gimana kalau konvoi aja? Kan rame tuh? Gimana gimana?

(sekelompok teman sudah sampai di gazebo)

Anabel : pesen makan sama minum dulu sih,

Raka : perut terus sih Bel yang dipikirin

Anabel : biarin sih, sirik deh.

Vino : gimana rencana acara buat perpisahan Bry?

Bryan : hm, aku suka sama idenya Zendy. Kayaknya bakal seru kalau kita konvoi. Gimana menurut kalian?

Raka : konvoi? Emangnya boleh acara begituan?

Inka : iya, emang boleh Bry? Biasanya kan kita ga boleh tuh main konvoi-konvoi gitu.

Anabel : kita makan-makan aja..

Raka : eh enduuuuttt, makanan lagi makanan lagi. Ga ada ide selain makanan apa? Hhrrr…

Anabel : hehe.. (nyengir santai)

Rusel : aku kurang setuju, lagian ngapain sih, pakai konvoi-konvoi gitu. Bikin macet jalan aja.

Nadine : iya, ngapain coba konvoi gitu, ga ah, ga mau aku.

Zendy : tapi kan asik Sel, rame gitu. Bener-bener bisa ngrasain bebas dari bangku sekolah.

Aiska : Iya Sel, lagian juga kan kita konvoinya di daerah deket-deket sini aja, ga usah jauh-jauh. .

Avin : emm, aku ngikut aja deh, tapi kalau konvoi gitu, apa ga bahaya?

Bryan : bahaya kenapa coba? Kan udah lancar naik motor semua kan?

Zendy : iya, kalian takut banget sih. Seru tau, kalau aku lihat di TV itu, konvoi rame-rame sehabis pengumuman, corat-coret baju..wuuwww..

Rusel : tapi, apa manfaatnya buat kita coba? Udah bikin kotor pakaian, bikin macet, ntar ujung-ujungnya kena razia polisi. Nah loh..

Nadine : nah iya, betuk kata Rusel. Lagian lebih bermanfaat kita ngadain tasyakuran di sekolah gitu. Lebih bermanfaat..

Inka : he’em.. bagusan gitu..

Aiska : ah tapi kalo gotu udah bosen. Kemarin aja waktu mauujian kita udah ngadain doa bersama dan segala macemnya, masa mau kaya gitu lagi sih. Yang bener aja?

Zendy : iya, kaya anak culun banget kalian deh..

Inka : eh, ya bukan gitu juga Zen, lagian bener kata Rusel, acara konvoi gitu ga ada gunanya.

Bryan : oke,kalau emang gam au, kalian punya ide apa emangnya? Ga ada kan?

Nadine : emm..

Raka : udah Bel, kamu ga usah kasih ide makanan lagi deh ya..

Anabel : hisshh, belum juga aku ngomong Ka…!!

Aiska : yang penting asik dan gak ngebosenin deh.

Rusel : gimana kalo buat acara pensi aja. Kan kita bisa mengekspresikan hobi kita disitu, bisa main music, nyanyi, musikalisasi puisi, atau apa gitu..

Nadine : nah, bisa-bisa. Inka kan jago nari tuh, kan dia juga bisa tampil.

Inka : oke ga masalah, oh iya kan Bryan juga jago main gitar, Rusel jago ngedrum, Zendy jago main bass, tinggal buat band, jadi kan?

Zendy : em, ada yang bisa main gitar ga?

Vino : aku bisa, tapi lama sih gak main gitar..

Zendy : ah gampang, nantilagian bareng-bareng aja Vin..

Vino : boleh boleh deeeh…

Aiska : lha ntar aku tampil apa? Aku kan punya ketrampilan apa-apa.. heeuu..

Rusel : kamu buat drama aja Ais sama anakanak yang lain. Gimana? Kamu kan jago buat script.

Aiska : oh iya ya, aku bisa jadi sutradaranya aja tuh.. hehe..

Rusel : nah, gimana? Dari pada kita konvoi ga jelas, kan mending buat pensi aja. Nanti adik angkatan yang mau ikut pentas juga boleh, biar tambah seru.

Bryan : gimana kalo nanti kita pakai dresscode, biar unik gitu..

Rusel : boleh, ide bagus itu.

Vino : jadi kapan kita mulai konsepan acaranya?

Rusel : aku coba ijin ke wakasek dulu deh, nanti kalo diijinkan baru kita konsep, gimana?

Semuanya : siaaaap bosss…

Anabel : ngantin yuk, laper banget..

Raka : tuh kan, makan lagi. Haduuh..

Nadine : ayok deh ayok ngantin, kasian gajah bengkak ini ntar kelaparan..hehe..

(semua pergi menuju kantin yang tidak jauh dari gazebo tadi)

Baca juga: contoh naskah drama percintaan, naskah drama komedi, naskah drama kelas

Nah, di atas tadi adalah contoh naskah drama sekolah untuk anak SMA. Drama tersebut masih bisa dikembangkan lebih jauh hingga munculkonflik yang lebih kompleks, dan percakapannya pun lebih berisi. Inti dari percakapan di atas adalah, bahwa melakukan sesuatu haruslah yang bermanfaat bagi banyak pihak, dan tidak merugikan orang lain. Jika mereka jadi melakukan konvoi, bisa jadi akan menyebabkan kemacetan, dan mengganggu kenyamanan orang banyak. Dengan diadakannya pentas seni, maka mereka justru bisa menyalurkan bakat seni mereka, dan dapat menghibur banyak orang.

Referensi contoh naskah drama » contohskripdrama.blogspot.com

Post title: Contoh Naskah Drama Sekolah
Written by: Lika Amalia

Apabila Anda ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Contoh Naskah Drama Sekolah ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.

0 Response to "Contoh Naskah Drama Sekolah"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar / pesan!

- Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang bernilai