loading...

Contoh Naskah Drama untuk 10 Orang

loading...
Contoh naskah drama untuk 10 orang dengan tema percintaan bisa dipentaskan pada acara sekolah seperti pesta perpisahan. Tema ini sangat dekat dengan dunia remaja sehingga tidak heran jika banyak murid yang mencari naskah ini untuk digunakan sebagai naskah drama yang akan di tampilkan saat acara khusus sekolah. Plot cerita yang mudah dipahami dan disukai oleh para remaja menjadikan naskah drama bertema percintaan paling sering dipakai.

Judul drama
Cinta Tak Selalu Bersama

Tema
Percintaan

Jumlah pemain
10 orang

Tokoh dan Karakter
Ratih (Ibu guru yang baik dan penyabar kepada muridnya / protagonis)
Catur (Bapak guru yang tegas dan bijaksana / protagonis)
Evelyn (Seorang murid arogan yang memimpin genk / antagonis)
Retha (Teman baik Evelyn, anggota genk yang cerdik / tritagonis)
Citra (Anggota genk / tritagonis)
Lena (Anggota genk / tritagonis)
Dysa (Seorang murid yang jahil, pemberani, dan diam-diam jatuh hati kepada Evelyn / protagonis)
Tegar (Teman yang selalu membantu Dysa melakukan kejahilan / protagonis)
Bayu (Teman satu kelompok Dysa / tritagonis)
Goza (Teman satu kelompok Dysa / tritagonis)
Latar
Tempat : Bumi perkemahan
Waktu : Pagi, siang, malam
Sosial : Para murid sedang bersuka cita untuk menyambut liburan setelah ujian semester yang melelahkan. Bersama dengan dua gurunya, para murid itu mengadakan kegiatan kemah di sebuah bumi perkemahan yang asri.

Sinopsis

Evelyn dan Dysa sudah saling mengenal mulai dan duduk di kelas 2 SMA. Evelyn adalah anak yang arogan dan memimpin sebuah gank di sekolahnya. Banyak murid yang tidak suka kepadanya namun ternyata diam-diam Dysa jatuh hati kepadanya. Dysa tidak pernah berani untuk mengungkapkannya. Saat ini mereka sedang berkemah di sebuah bumi perkemahan yang asri untuk melepas penat setelah menyelesaikan ujian semesteran. Di tempat ini para murid dibagi menjadi beberapa kelompok dan ada kejadian yang membuat Evelyn akhirnya sadar bahwa dia ternyata disukai oleh Dysa.

Teks drama

Babak 1

Di suatu pagi di bumi perkemahan
Ratih : Anak-anak, semuanya turun dari bus dan mengisi daftar hadir dulu. Pak catur tolong bantu ya.
Catur : Iya bu, setelah itu bangun tenda masing-masing dan mulai berlatih untuk pentas seni.
Murid-murid : Iya pak.
Catur : Bu saya memeriksa kelengkapan untuk nanti malam dulu ya.
Ratih : Iya silakan pak.

Babak 2 

Sore hari menjelang malam, para murid sedang bersantai dan ada juga yang berlatih untuk pentas.
Tegar : Kamu gak makan? Dari tadi bengong terus, liat apa sih?
Dysa : Itu…..
Bayu : Liat Evelyn lah siapa lagi.
Goza : Kayanya cuma Evelyn yang nggak tau kalo kamu suka sama dia.
Dysa : Lah pada ngomongin apa si, sapa juga yang liatin dia.
Tegar : Ngeles ada kaya bajaj, aku ada ide. Mereka kan lagi serius latian tu, kita jailin aja.
Dysa : Ni liat apa yang aku bawa (sambil mengeluarkan sebuah benda dari dalam tas)
Goza : Haaaaaaa ularrrrr (menjauh dan bergidik)
Dysa : Hahahaha (tertawa puas)
Tegar : Itu ular mainan parno amat sih.
Bayu : Dia kan emang penakut, gayanya aja yang sok macho, sama ular aja takut.
Dysa : Emang kamu berani sama ular beneran?
Bayu : Enggak juga si hehehe.
Tegar : Kamu berdua tu sama aja.

Babak 3

Malam hari saat pentas api unggun akan dimulai
Catur : Anak-anak semua berkumpul di sekeliling api unggun, hati-hati.
Ratih : Evelyn, kamu ngapain di situ ayo gabung.
Evelyn : Aku sebenernya males deh harus kemah begini, mending liburan di Bali tau.
Retha : Ya iyalah, secara kamu itu cinta banget sama Bali.
Citra : Aku kok nervous ya, takut salah.
Lena : Makanya kalo latian ya latian, jangan malah ngemil aja mulu, tu liat sampahmu paling banyak.
Retha : Buang jauh-jauh itu sampah nanti jadi sarang ular lagi.
Citra : Emang iya? Kan kita mau pentas nanti aja ya.
Lena : Ni anak males banget udah dibilangin dari tadi juga.
Citra : Sorry deh.
Evelyn : Udah jangan ribut mulu ya guys, nanti kita pentas harus bagus, awas kalo gak.
Anggota genk : Siap bos.
Ratih : Ayo anak-anak diperhatikan, kelompok pertama Evelyn.
Evelyn : Guys ayo tunjukin kalo kita bisa.
Semua anggota genk menarikan sebuah tari modern dengan diiringi musik yang menghentak. Pertunjukannya sangat bagus banyak murid yang memberi tepuk tangan.
Retha : Apa ku bilang, semua pasti pada suka ni sama gerakan dance kita.
Evelyn : Iya si tapi aku kan jadi keringetan.
Citra : Capek, cari makan yuk di tenda sebelah.
Lena : Makan mulu, ya udah aku temenin.
Citra : Asyik, thanks my darl.
Evelyn : Ret, kamu mau di sini ato masuk tenda?
Retha : Aku di sini aja.

Babak 4

Tegar : Bagus banget ya penampilan gebetanmu
Dysa : Gebetan apaaaan.
Evelyn : Toloooooooooooooong….
Semua murid berhamburan menuju tenda Evelyn
Ratih : Pak, Evelyn pak…
Catur : Iya bu ayo.
Dysa : Ada apa si kok teriak-teriak.
Goza : Ulaaaaaaaar…
Tegar : Woy ngomong yang jelas.Ular yang tadi sore bukan.
Bayu : Bukaaaaaaaaaaan. Ada ular beneran di tenda evelyn.
Dysa : Aku harus kesana.
Evelyn : Tolooooong….. (sambil terisak melihat seekor ular di dalam tendanya)
Dysa : Tenang, jangan gerak-gerak, aku bantuin.
Evelyn : (masih terisak)
Dysa : Minggir aku mau buang ularnya.
Goza : Berani bener.
Tegar : Iya nggak kayak kamu.
Evelyn : Dysa, makasih yaaa maafin aku.
Dysa : Iya, sebenernya……. aku udah lama suka sama kamu.
Evelyn : Maaf ya kira gak bisa sama sama-sama karena sebelum liburan habis aku udah pindah ke Belanda nyusul kakakku yang kuliah di sana.
Dysa : Jadi kamu mau pergi?
Evelyn : Iya, maaf ya harusnya kamu ngomong ini dari dulu.
Dysa : Nggak apa-apa, yang penting sekarang kamu selamat.
Tegar : Patah hati bro?
Dysa : Udah tau nanya. Akhirnya aku bilang juga kalo aku suka dia.
Tegar : Itu baru sahabatku, dah nanti juga ada yang laen kok yang mau sama kamu.
Dysa : Emangnya aku gak laku apa?
Tegar : Hahaha…. (tertawa)

Tamat

Dalam contoh naskah drama untuk 10 orang ini hanya ada satu konflik yang masih bisa dikembangkan menjadi konflik kecil lainnya sehingga alur cerita lebih panjang. Bila dalam satu kelompok ada lebih dari 10 anak yang ikut pentas, maka penambahan tokoh dapat dilakukan misalnya dengan membuat tokoh figuran baru. Semoga naskah drama kali ini bisa membantu anda dalam menciptakan karya seni pertunjukan yang lain.

loading...

loading...
Referensi contoh naskah drama » contohskripdrama.blogspot.com

Post title: Contoh Naskah Drama untuk 10 Orang
Written by: Lika Amalia

Apabila Anda ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Contoh Naskah Drama untuk 10 Orang ini.

Jika artikel diatas bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.

1 Response to "Contoh Naskah Drama untuk 10 Orang"

  1. Terimakasih, sangat membantu dalam tugas sekolah

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar / pesan!

- Dilarang meninggalkan link aktif pada kolom komentar.
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang bernilai